Minggu, 03 September 2023

 Tlogowungu Pati, Jawa Tengah, 03 September 2023

Jurnal Refleksi Dwi mingguan, minggu ke 2                                                                                                      


1. Facts (Peristiwa): Setelah mengenal pembelajaran menurut filosofi Ki Hajar Dewantara saya mencoba menerapkan aksi nyata mengajar dengan profil pancasila yang pertama sangat ramai karena kaena anak sangat antusias dengan pembelajaran yang mengaktifkan mereka 

yang pertama,  saya mempersiap diri dengan menempatkan diri saja sebagai guru pembelajar dengan sesuai dengan kemampuan saya, 

kemudian saya mencoba memahami siswa dengan membuat asessmen diagnotis dengan menanyai profil mereka baik kegemaran, pelajaran apa yang mereka sukai sampai cita- cita mereka,

Setelah itu sayan membuat kesepakatan kelas terlebih dahulu, untuk membuat siswa merasa tanggung jawab dengan hasil keputusan mereka sendiri dimana sangsinya membuat mereka menambah ilmu mereka tanpa mereka sandari.

















 hambatan atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran pada minggu ini adalah kelas menjadi sangat ramai sehingga mengganggu kelas lain, sedangkan pembelajaran ini sementara hanya bisa dilakukan dikelas.

Yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut adalah memberi ice breaking sederhana yang memusatkan kembali mereka pada saat terlalu senang saat mereka diskusi.


2. Perasaan saya selama pembelajaran berlangsung sangat bahagia dan bersemangat karena melihat anak-anak antusias dalam pembelajaran,

Yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas sangat bersemangat 

Yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut.dalam hal ini saya benar neuntun siswa mencapai hasilnya sediri, dan saya benar benar menjadi fasilitator bagi siswa saya, dan mereka dapat mengeksplor karya mereka sesuai dengan materi yang saya sampaikan,

 3. Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini adalah anak adalah suatu yang berharga, dan pembelajaran yang berpusat pada siswa sesuai dengan filosofi KHD  membuat mereka lebih bahagia dalam belajar yang sebelumnya mereka merasa pembelajaran akademi sangat membosankan , setelah dengan pembelajaran kurikulum merdeka siswa sangat antusias, seperti menantikan materi apa lagi yang akan disampaikan guru.

 Hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini adalah saya berubah, dalam arti dalam pelaksanaan pembelajaran , dari yang membosankan menjadi cukup membuat anak senang dalam belajar, 

4. Future (Penerapan): Yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan adalah menerapkan pembelajaran berpusat kepada siswa dengan model pembalajaran membuat siswa bahagia.                                                     







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 Tlogowungu Pati, Jawa Tengah, 03 September 2023 Jurnal Refleksi Dwi mingguan, minggu ke 2                                                  ...